Cara membuat Blog

Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting. Istilah Weblog pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada Desember 1997 untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar pribadi. Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan parapembuatnya atau para Blogger.
www.blogger.com merupakan layanan pembuatan dan penyimpanan blog yang dimiliki www.google.com Cara Daftar Blogger.com cukup mudah, cukup kita memiliki account google, jika belum silahkan lihat catatan http://aditwoo.blogspot.com/2013/03/cara-daftar-gmail-2013.html
Untuk mendaftar blogger, langsung saja ke alamatnya: blogger.com (sebaiknya menggunakan browser Modzilla atau google chrome). Maka kita akan dibawa ke halaman seperti berikut:
Cara Daftar Blog
Untuk ganti bahasa, pilih dari menu dropdown bahasa (language) di pojok kanan atas. Untuk daftar klik BUAT BLOG (CREATE A BLOG)  maka kita akan dibawa ke halaman pendaftaran blog. Tahap-tahap nya adalah sebagai berikut:
1. Ciptakan Account (lihat gambar);

  • Alamat Email (Email address): masukan alamat gmail kita
  • Ketik ulang alamat email (Retype email): masukan alamat gmail kita seperti di atas
  • Masukan sebuah password (Enter a password): masukkan password/kata kunci yang diinginkan, bisa sama dengan password email atau berbeda tidak masalah, minimal 8 karakter
  • Ketik ulang sandi (Retype password): masukan ulang password, sama seperti yang di atas
  • Nama Tampilan (Display name): nama kita yang akan ditampilkan pada setiap postingan, pilih nama sesuai selera (nama ini bisa anda ganti nantinya). contoh: Mastoro
  • Email notifications: hanya ada jika kita mendaftar menggunakan bahasa inggris, bahasa indonesia tidak ada.
  • Tanggal lahir (Birthday): masukkan tanggal lahir sesuai format
  • Verifikasi kata (Word verification) : masukkan huruf yang ditampilkan pada gambar
  • Penerimaan Persyaratan (Acceptance of Terms): beri centang atau tanda check yang menyatakan anda setuju mengikuti peraturan blogger
Setelah pengisian lengkap, klik LANJUTKAN.
2. Name Your Blog (lihat gambar)

  • Blog title: nama title blog kita, nama ini biasanya muncul pada header (bisa diganti nantinya), contoh: Buku D
  • Blog address (URL) : Merupakan Alamat url dari blog kita. Isi namanya saja akan terisi otomatis. Misalnya: buku-d maka alamatnya menjadi http://buku-d.blogspot.com (bisa diganti nantinya)
  • Check availability: untuk mengecek apakah nama tersebut sudah digunakan atau belum, jika sudah ganti nama hingga mendapatkan nama yang bisa dipakai.
  • Word verification: masukkan huruf yang ditampilkan pada gambar
Setelah pengisian lengkap, klik CONTINUE.
3. Choose a Starter template

Template merupakan tampilan antar muka atau tampilan halaman blog kita, jadi sesuaikan template dengan topik blog yang akan kita buat. Pilih template sesuai dengan selera kita, misalnya Simple by Josh petersen. (Note: Template ini nanti bisa kita ganti, baik dari template  yang banyak tersrdia gratis atau kita desain dari menu Template Designer milik blogger.)
Klik CONTINUE.
Cara Daftar Blogger.com
Sampai disini tahapan pendaftaran mendaftar selesai. Selamat anda telah mempunyai blog sekarang. Silahkan klik START BLOGGING, maka kita akan langsung masuk ke halaman posting.

0 Comentarios

Follow Me On Instagram